Waspada Dengan Berita Hoax! Ini Beberapa Tipsnya

Lama nih Doel Gembel gak update, Fakum dari dunia perbloggeran kemaren-kemaren. Nah untuk postingan kali ini kita kasih judul Waspada Dengan Berita Hoax! Ini Beberapa TipsnyaDi era modern ini sangat sering terjadi berita-berita palsu yang pastinya menghebohkan, hanya untuk mendapatkan perhatian atau untuk meraup uang dari beberapa iklan, entah di websitenya atau juga di akun youtubenya. . .yah kan? jadi kalian hati-hati aja, jangan mudah percaya (itu pasti kuncinya kan) hehehehe
Tapi ada beberapa tips yang bisa kalian save nih gaes, berikut tipsnya. . . .jeng jeeeeeeeeeng :D


1. Lihat Keanehan di Berita

Berita palsu biasanya memiliki judul yang bombastis agar terlihat mengejutkan. Isinya juga biasanya menggunakan bahasa yang provokatif dan memanfaatkan isu-isu yang sedang tren, isu SARA, tokoh-tokoh terkenal, instansi pemerintah maupun swasta.

2. Perhatikan Sumber Berita

Pastikan berita tersebut ditulis oleh media atau sumber yang memiliki reputasi dan akurasi yang baik serta telah terverifikasi oleh dewan pers. Jika berita tersebut berasal dari organisasi yang tidak dikenal atau media yang belum terverifikasi oleh dewan pers, ada kemungkinan berita tersebut berisi hoax.

3. Periksa Tanggalnya

Berita hoax biasanya tidak menyertakan tanggal kejadian yang bisa diverifikasi oleh pengguna. Ada juga berita yang tanggal peristiwanya sudah diubah.

4. Periksa Foto dan Video

Sama halnya dengan pesan teks, foto dan video yang diterima lewat media sosial jangan langsung dipercaya begitu saja. Karena ada kemungkinan foto dan video tersebut sudah dimanipulasi sehingga menyesatkan penerimanya. Untuk menelusuri sumber foto yang dicurigai, kalian bisa memanfaatkan fitur reverse search di Google Images.

5. Periksa Bukti Pendukungnya

Periksalah sumber informasi yang digunakan oleh penulis berita tersebut untuk mengetahui akurasinya. Kurangnya bukti atau digunakannya ahli yang tidak disebutkan namanya dapat mengindikasikan berita tersebut merupakan hoax.

6. Lihat Laporan Lainnya

Sebelum mempercayai dan meneruskan sebuah cerita yang dikirim lewat WhatsApp baiknya periksa ke situs yang terpercaya. Jika tidak ada sumber berita lainnya yang melaporkan berita yang sama, hal tersebut dapat mengindikasikan bahwa berita tersebut palsu. Jika berita tersebut dilaporkan oleh beberapa sumber yang Anda percayai, maka kemungkinan berita tersebut benar.



mmmmmm
Moga Bermanfaat gaes ;)
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori news / Trik/Cara dengan judul Waspada Dengan Berita Hoax! Ini Beberapa Tipsnya. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://pemberianalam.blogspot.com/2019/06/waspada-dengan-berita-hoax-ini-beberapa.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: bocah cilik - Wednesday, June 26, 2019

Belum ada komentar untuk "Waspada Dengan Berita Hoax! Ini Beberapa Tipsnya"

Post a Comment