Pahlawan Sejati

Pahlawan Sejati - Kepada seorang Ibu sederhana di sebuah dusun, yang pekerjaannya mencintai dan menemani wong cilik di desanya sepanjang hidup, saya mengajukan pertanyaan yang agak muluk: "Bu, siapakah pahlawan sejati?"

Ia menjawab: "Pahlawan sejati ialah orang yang berani omong tentang perjuangan sosial dan membela rakyat hanya sesudah ia sendiri sanggup bertanggung jawab secara mandiri atas perutnya sendiri. Pahlawan sejati ialah orang yang membela rakyat dengan kekuatan dan uang pribadinya, bukan dengan dana dari luar yang apalagi ia sendiri diupah untuk apa yang diperjuangkannya. Tapi yang terpenting adalah bahwa pahlawan sejati tidak pernah sempat menganggap dirinya pahlawan bahkan tidak punya waktu untuk mengingat kata pahlawan".

Saya bereaksi: "Waduh, Bu, kok berat dan muluk sekali syarat untuk menjadi pahlawan sejati?" Ibu itu menjawab lagi: "Memang berat dan muluk. Maka tidak akan berminat. Maka tidak populer dan tidak dipakai. Kalau ada yang memakainya, mungkin malah dikutuk, dirasani dan difitnah di mana-mana.

karya : MH Ainun Nadjib
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori berita / cerita / cuci otak / karya caknun / tulisan caknun (MH Ainun najib) dengan judul Pahlawan Sejati. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://pemberianalam.blogspot.com/2012/12/Pahlawan-Sejati.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: adul wae - Thursday, December 20, 2012

Belum ada komentar untuk "Pahlawan Sejati"

Post a Comment