Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Ngedrop


Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Ngedrop
wa'alaikum salam Wr.Wb dulur2 kabeh (durung salam wes pamitan iki piye rek) :D
kakakakkakakakak

oke,kali ini Orang Gembel akan ngasih solusi Tentang bagaimana cara merawat baterai laptop biar tetep awet., monggo di simak baik2 yah sobat :D

penjelasannya seperti di bawah ini :
  1. Jangan simpan laptop di atas kasur/ karpet/ sofa. laptop butuh sirkulasi udara karena dia mengeluarkan panas. Kalau kita simpan di kasur, panasnya tidak akan keluar.
  2. Gunakan cooling pad. Cooling pad bisa membantu meredam suhu laptop yang panas. Laptop dan baterai jadi tidak panas. Usahakan cari yang arah anginnya meniup dari bawah ke atas.. jangan arah anginnya ke bawah / menghisap udara.
  3. Laptop zaman sekarang sudah canggih. Jadi, kalau misalnya lagi dicharge terus sampai penuh, dia bakal memutus arus dengan sendirinya. Jadi tidak perlu dicabut adaptornya.
  4. kalau laptop ga dipakai dalam waktu lama (misalnya seminggu), Baterai laptop sebaiknya disimpan saja. Simpan di dalam plastik kering, terus simpan di tempat yang sejuk. kalau bisa simpan pula beberapa silica gel untuk mencegah kelembaban.
  5. Jangan simpan laptop atau baterai laptop di dalam mobil yang terkena sinar matahari. Ini dapat mempengaruhi kinerja laptop.
  6. Kalibrasi baterai laptop minimal sebulan sekali. Cara kalibrasi adalah pakai baterai laptop sampai kira-kira tersisa 10 – 15%, lalu charge sampe penuh. Hal ini akan menggerakkan seluruh sel-sel yang ada di dalam baterai, sehingga kondisinya selalu prima.jangan sampai terbentur apalagi terjatuh.
  7. Baterai atau laptop Jangan juga disimpan/ditindih benda berat, karena akan rentan terhadap arus pendek/korslet sehingga menyebabkan overheating.
  8. Jangan sampai kena air. Tahu sendiri akibatnya. Walaupun nantinya kering dan bisa dipakai lagi, jamur dan korosi akan menggerogoti fisik si baterai itu sendiri.
  9. Selalu pakai baterai dan charger original. Tentu yang original lebih terjamin kualitasnya?
  10. kalau lagi pakai laptop tanpa baterai, usahakan tegangan listrik di rumah kita stabil. Caranya adalah dengan pakai stabilizer. kalau tidak ada stabilizer, sebaiknya baterai dipasang aja. Harga baterai tidak sebanding dengan kerusakan laptop! lebih baik lagi pakai UPS… jadi saat tiba-tiba listrik mati, laptop masih hidup dan kita masih sempat shutdown.
  11. kalau laptop sering di on-offkan , sebaiknya tidak usah dimatikan lebih baik tapi di mode sleep saja. Karena tenaga yang diperlukan pada saat laptop menyala itu lebih kecil dibandingkan waktu pertama menyalakan laptop.
  12. Gunakan power management pada control panel. Set brightness di bawah 50%, jangan pakai screen saver aneh-aneh, pakai blank karena paling irit power, set waktunya juga agar tidak telalu lama. Set juga power jadi max battery.

Udah mudeng kan setelah baca penjelasan tentang >cara merawat baterai laptop agar tidak cepet ngedrop??? Semoga bisa bermanfaat rek :D

hehehehehehhe
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Trik/Cara dengan judul Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Ngedrop. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://pemberianalam.blogspot.com/2012/05/cara-merawat-baterai-laptop-agar-tidak.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: adul wae - Tuesday, November 11, 2014

3 komentar untuk "Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Ngedrop"

  1. oke gan,makasih infonya,sukses buat agan

    ReplyDelete
  2. tapi apa g rawan di power supply???

    ReplyDelete