cara pembelajaran komputer untuk anak usia dini

cara pembelajaran komputer untuk anak usia dini
 cara pembelajaran komputer untuk anak usia dini - Anak mulai tertarik mengutak-atik komputer, jangan langsung dilarang, Ma. Perlu Anda tahu, ada beberapa keuntungan belajar komputer sejak usia dini. Apa saja?

Sulit rasanya membayangkan kehidupan masa kini tanpa komputer. Tak heran kalau orang tua merasa perlu memperkenalkan anak pada komputer sejak dini agar anak tak tertinggal pesatnya perkembangan teknologi informasi. Orang tua menyadari, tantangan masa depan pasti akan lebih dinamis dan kompetitif.

Di Singapura, misalnya, sebagian orang tua dikabarkan mengalami sindrom “kiasu”, yaitu ketakutan berlebihan anak mereka akan tertinggal dari teman-temannya bila tidak diperkenalkan pada komputer sejak dini. Para orang tua ini berambisi agar anaknya menjadi jagoan komputer.

Akhirnya, belajar komputer bagi anak menjadi suatu kewajiban. Tentu saja ini kurang tepat, karena belajar komputer seharusnya dilakukan tanpa paksaan agar menjadi pengalaman menyenangkan bagi anak. Namun yang jelas, bisa mengoperasikan komputer telah menjadi realitas penting yang tak bisa dibantah.

Kalau begitu, seberapa dini sebenarnya anak bisa mulai mengenal komputer? Menurut Catherine dan Glenn de Padua, penulis Teaching Children Computer Literacy, banyak peneliti menyarankan usia 3 - 4 tahun sebagai usia terbaik untuk memulai pelajaran komputer pada anak. Di usia ini, anak sudah menguasai keterampilan hidup dasar, seperti berjalan dan berbicara. Karena itulah ia sudah siap mengeksplorasi komputer dan mel`kukan aktivitas coba-coba secara langsung.

Jangan heran kalau setelah beberapa kali pelajaran saja, ia sudah mampu mengoperasikan aneka program sendiri!

Lalu, apa saja keuntungan belajar komputer sejak dini bagi anak? Ini diantaranya:

- Meningkatkan keterampilan belajar. Penelitian menunjukkan, anak yang menggunakan komputer memiliki performa akademis lebih baik.

- Menstimulasi kreativitas dan imajinasi. Pemrograman komputer, walau sederhana akan terasa menantang bagi anak. Anak belajar mengidentifikasi masalah, menganalisa pilihan, dan memilih solusi terbaik. Batasan anak dalam membuat program hanyalah imajinasinya sendiri.

- Meningkatkan perkembangan kepribadian. Program komputer memungkinkan anak melakukan kesalahan, memperbaiki, dan mencoba lagi tanpa takut dimarahi. Anak jadi terbiasa berani mengambil risiko, memiliki sifat yang lebih independen, dan lebih percaya diri.

Selain manfaat positif, tentu saja ada risiko dampak negatif komputer pada anak. Bisa jadi ia lebih senang duduk di depan komputer seharian daripada melakukan hal-hal lain. Di sinilah peran Anda untuk menyeimbangkannya dengan kegiatan lain. Jadi, anak tetap terasah kemampuannya di bidang lain, seperti keterampilan berkomunikasi dan bersosialisasi.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Komputer / Trik/Cara dengan judul cara pembelajaran komputer untuk anak usia dini. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://pemberianalam.blogspot.com/2012/10/cara-pembelajaran-komputer-untuk-anak-usia-dini.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: adul wae - Sunday, April 12, 2015

4 komentar untuk "cara pembelajaran komputer untuk anak usia dini"

  1. Bisa dapatkan software / materi pembelajaran komputer untuk anak usia SD nggak ???? terimakasih atas bantuannya.

    ReplyDelete
  2. Bisa dapatkan software / materi pembelajaran komputer untuk anak usia SD nggak ???? terimakasih atas bantuannya.

    ReplyDelete
  3. kalau masalah software yang pasti ada pak, tapi untuk dapat softwarenya pastinya gak gratis, soalnya di kampus saya masih banyak perkembangan2 yang di lakukan dalam pembuatan software pembelajaran komputer untuk anak2..
    gak tau lagi kalau sampian cari di mbah-nya (google) kali aja ada yang pernah posting softwarenya pak, cz saya ndak posting masalah software disini pak, trimakasih sudah berkunjung.

    ReplyDelete
  4. Aslm. Mas Abdul.., salam kenal, Isi blognya menarik, saya guru PAUD, kalau buku-buku teori pembelajaran komputer anak usia dini dimana bisa saya dapatkan? bisakah saya peroleh/dipinjam/dicopy? seperti yang mas jelaskan Catherine dan Glenn de Padua, penulis Teaching Children Computer Literacy. saya ingin diskusi dengan mas, boleh dapat alamat, c.p/fb nya? tks sebelumnya. e-mail: syahrul_unp@yahoo.com

    ReplyDelete