Cara Perbaiki Printer Macet Untuk Pemula

Cara Perbaiki Printer Macet Untuk Pemula - hadduh sampek lupa nih udah gak pernah update blog lebih dari 3 bulan, bukan gara2 kbanyakan acara seeeeh, tp emank beneran lupa :D
hahahaha
oke dah, untuk kali ini Doel Gembel kasih saran buat sobat2 yg printernya sering macet, langsung aja yah. . .Cara Perbaiki Printer Macet atau memperbaiki printer Injet yang macet tidak bisa mencetak/ngeprint karena tersumbatnya tinta dan mengakibatkan kita tidak bisa mencetak. Khusus pada printer-printer Inkjet dilengkapi dua Cartridge tinta, yakni tinta hitam dan warna, dan hanya satu Catridge tinta yang bisa digunakan pada setiap saat, contohnya seperti pada printer Epson Stylus, printer Canon BJC-210 dan printer HP Deskjet 400C. untuk tips mencegah supaya printer inkjet kamu tidak macet adalah simpanlah Cartridge Tinta yang tidak digunakan pada tempat yang bersih dan tertutup rapat dan gunakanlah cartridge tinta hitam untuk pencetakan text seperti dokumen yang hanya tulisan saja, karena untuk mencetaknya jauh lebih cepat dan tentunya jauh lebih hemat.

Cara kerja Printer lnkjet adalah printer akan mencetak dengan cara menyemprotkan tinta melalui lubang-lubang penyemprotan tinta di bagian head print, dan lubang-lubang itu hanya berdiameter sekitar kurang dari 0.1 milimeter. Maka dari itulah lubang-lubang tersebut mudah sekali untuk tersumbat dengan tinta yang mengering, akibat dari Cartridge tinta yang dibiarkan diudara terbuka.

Pada printer-printer jenis lnkjet tertentu seperti pada printer Epson Stylus, hasil cetak pada saat Catridge Tinta baru saja selesai di-isi ulang mungkin menunjukkan hasil cetakan yang bergaris-garis putih seperti pada saat isi tinta sudah menipis, hal ini disebabkan oleh terciptanya gelembung udara pada saluran tinta menuju ke lubang penyemprotan tinta (head). Cara mengatasi adalah dengan melakukan prosedur “head cleaning” yang dijelaskan pada buku petunjuk (manual) printer yang bersangkutan, karena proses “head cleaning” ini selain membersihkan lubang penyemprotan tinta (head), juga menyedot tinta berulang-ulang sehingga dapat mendorong gelembung udara sampai keluar melalui head.

sedikit tips nih : Khusus untuk Printer lnkjet Epson Stylus, usahakan jangan terlalu sering menyalakan dan mematikannya, karena jenis printer ini mengkonsumsi tinta yang berlebihan pada setiap kali dinyalakan.

Cara mengatasi Penyumbatan tinta pada lubang penyemprotan Cartridge :

* Ambillah selembar kertas `tissue'.

* Basahkan kertas `tissue' dengan sedikit air hangat.

* Tekan atau lap kertas `tissue' basah pada head (lubang penyemprotan tinta).
* Apabila ada tanda tinta pada kertas `tissue', berarti masih ada lubang penyemprotan tinta yang (masih) dapat mengeluarkan tinta /tidak tersumbat atau (mungkin) tinta kering yang menyumbat telah mencair.

Cara membersihkanlah head print (lubang penyemprotan tinta) dengan kertas `tissue' kering :

* Pasanglah Cartridge pada Printernya dan cobalah mencetak

* Apabila hasil cetak memuaskan, kami rnengucapkan selarnat kepada Anda, karena Anda telah berhasil mengisi ulang Cartridge Tinta yang semula sudah dianggaptidak berguna lagi.

* Apabila hasil cetak belum rnemuaskan, ulangilah cara diatas beberapa kali.

* Apabila hasil cetak masih belum juga memuaskan setelah 5 - 6 kali melakukan pembersihan di atas, berarti Cartridge mengalami `Penyumbatan Berat'.

Cara mengatasi Penyumbatan tinta Inkjet yang berat pada lubang penyemprotan Cartridge tinta :

* Siapkanlah air hangat dengan suhu sekitar 60-70 derajat Celcius.

* Tuangkan air hangat pada tatakan gelas atau bejana sejenis sampai kedalaman air kurang lebih 0.5 cm.

Letakkan Cartridge tinta pada tatakan gelas diatas dengan lubang penyemprotan terendam dalam air.

* Berikan waktu sekitar 10-15 menit agartinta yang mengering dapat mencair kembali.
Setelah itu, angkat Cartridge tinta dan air, lalu bersihkan lubang penyemrpotan dengan kertas tissue' kering.

* Pasang Cartridge pada printernya dan cobalah untuk mencetak.

* Pencetakan mula-mula mungkin menunjukkan hasil yang agak kabur dikarenakan pada saat lubang penyemprotan direndam didalam air, ada sedikit air yang menyerap kedalam Cartridge melalui proses Osmose atau kapiler. Hal mi menyebabkan isi tinta yang berdekatan dengan lubang penyemprotan menjadi lebih encer dan memberikan hasil cetak yang agak pudar.

* Setelah melakukan pencetakan beberapa lembar, apabila hasil pencetakan memuaskan, kami mengucapkan selamat kepadaAnda, karenaAnda telah berhasil mengisi ulang Cartridge Tinta yang oleh kebanykan orang sudah mungkin dibuang.


Apabila hasil cetak masih belum memuaskan juga, ulangilah cara diatas beberapa kali.
* Apabila hash cetak masih belum juga memuaskan setelah 5-6 kali mengulangi prosedur diatas. Cobalah tinggalkan Cartridge tinta dalam keadaan terendam seperti diatas selama beberapa jam atau semalaman.

* Apabila hasil cetak masih tidak juga memuaskan, maka berarti Cartridge tinta boleh dikatakan sudah tidak dapat digunakan lagi. Dalam hal mi penyebabnya sangat sulit untuk ditentukan dan mungkin tidak banyak berarti untuk ditelusuri lebih lanjut. Tetapi, Cartridge tinta jangan langsung dibuang, karena masih berisikan Tinta Suntik yang dapat digunakan untuk mengisi ulang dikemudian hari pada saat dibutuhkan. Sedotlah tinta dan Cartridge kedalam suntikan dan simpanlah.

Demikian tips dan trik untuk Cara Perbaiki Printer Macet Untuk Pemula, semoga bermanfaat bagi yang membacanya :)
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori 2013 / gadged / Komputer / news / Trik/Cara dengan judul Cara Perbaiki Printer Macet Untuk Pemula. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://pemberianalam.blogspot.com/2013/08/Cara-Perbaiki-Printer-Macet-Untuk-Pemula.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: adul wae - Sunday, October 26, 2014

3 komentar untuk "Cara Perbaiki Printer Macet Untuk Pemula"