Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Puisi

Sebuah karya sastra mengandung unsur intrinsik serta unsur ekstrinsik. Keterikatan yang erat antarunsur tersebut dinamakan struktur pembangun karya sastra.
Unsur intrinsik ialah unsur yang secara langsung membangun cerita dari dalam karya itu sendiri, sedangkan unsur ekstrinsik ialah unsur yang turut membangun cerita dari luar karya sastra.
Unsur intrinsik yang terdapat dalam puisi, prosa, dan drama memiliki perbedaan, sesuai dengan ciri dan hakikat dari ketiga genre tersebut. Namun unsur ekstrinsik pada semua jenis karya sastra memiliki kesamaan.
Unsur intrinsik sebuah puisi terdiri dari tema, amanat, sikap atau nada, perasaan, tipografi, enjambemen, akulirik, rima, citraan, dan gaya bahasa. Unsur ekstrinsik yang banyak mempengaruhi puisi antara lain: unsur biografi, unsur kesejarahan, serta unsur kemasyarakatan.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori sastra dengan judul Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Puisi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://pemberianalam.blogspot.com/2012/03/unsur-intrinsik-dan-ekstrinsik-puisi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: werwawa - Wednesday, March 21, 2012

Belum ada komentar untuk "Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Puisi"

Post a Comment