Sell links on every page of your site to thousands of advertisers!

Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Drama

Karya sastra drama memiliki unsur intrinsik serta unsur ekstrinsik yang diperlukan untuk membangun ceritanya. Unsur intrinsik drama terdiri dari tema, plot, tokoh, dialog, karakter, serta latar.
Drama yang merupakan ciptaan kreatif pengarang harus memiliki tema yang kuat, agar tercipta sebuah cerita yang tak lekang oleh waktu. Tanpa adanya konflik, cerita drama akan terasa datar. Konflik terdapat di dalam plot, yang terjadi karena adanya ketegangan antartokoh.
Tokoh drama terbagi menurut peran dan fungsinya dalam lakon. Menurut perannya tokoh terdiri dari tokoh utama, tokoh bawahan, serta tokoh tambahan. Di dalam drama fungsi tokoh sangat penting, yaitu sebagai tokoh protagonis, tokoh antagonis, dan tokoh tritagonis.
Cakapan merupakan ciri utama drama yang mungkin berupa dialog namun dapat pula berbentuk monolog. Selain itu, ada pula karakter dan latar yang saling berhubungan erat. Latar dalam drama sangat mempengaruhi karakter tokoh.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori sastra dengan judul Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Drama. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://pemberianalam.blogspot.com/2012/03/unsur-intrinsik-dan-ekstrinsik-drama.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: adul saja - Wednesday, March 21, 2012

Belum ada komentar untuk "Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Drama"

Post a Comment