adsdas

Pengertian RAM Komputer

Random access memory adalah memori volatile , yang berarti kehilangan isinya begitu kekuasaan dipotong. Ini berbeda dengan non-volatile memori seperti hard disk dan flash memory , yang tidak memerlukan sumber listrik untuk menyimpan data. Ketika komputer dimatikan dengan benar, semua data yang terletak di memori akses acak berkomitmen untuk penyimpanan permanen pada hard drive atau flash drive. Pada boot-up berikutnya, RAM mulai mengisi dengan program secara otomatis dimuat pada startup, dan dengan file yang dibuka oleh pengguna.


Ada beberapa jenis chip RAM  yang sering di gunakan, Sebuah RAM adalah papan sirkuit kecil yang berbentuk seperti pengggaris. Batang RAM cocok dengan “slot” pada motherboard . Menambahkan satu atau lebih RAM meningkatkan kinerja komputer pada penyimpanan dan kinerja.
RAM – Random access memory dikategorikan dalam arsitektur dan kecepatan. Sebagai kemajuan teknologi, chip RAM menjadi lebih cepat dan menggunakan standar baru sehingga RAM harus disesuaikan dengan motherboard yang kompatibel. Motherboard ini hanya akan mendukung beberapa jenis memori akses acak, dan juga akan memiliki batas untuk jumlah RAM dapat mendukung. Misalnya, satu motherboard dapat mendukung dual-channel Synchronous Dynamic Random Access Memory ( SDRAM ), sementara motherboard yang lebih tua mungkin hanya mendukung single Modul Memori In-line (Simms) atau Dual Modul Memori In-line (DIMM).
Sejak random access memory dapat meningkatkan kinerja, jenis dan jumlah RAM motherboard akan mendukung menjadi faktor utama ketika mempertimbangkan komputer baru. Jika ada, lebih cepat akses chip memori yang lebih baik di pasar, pembeli akan ingin mempertimbangkan untuk membeli sebuah motherboard yang mampu menggunakannya. Setahun di jalan, yang ‘baru’ RAM mungkin standar, sedangkan pembeli mungkin terjebak dengan motherboard gaya lama. Sebuah varietas baru non-volatile memori akses acak dibuat dengan nanotube atau teknologi lainnya kemungkinan akan datang dalam waktu dekat. Ini RAM chip akan menyimpan data ketika dimatikan.
RAM bervariasi dalam biaya tergantung pada jenis, kapasitas dan faktor lainnya. Nama merek memori akses acak sering datang dengan jaminan seumur hidup dengan harga kompetitif. Itu salah satu jaminan yang tidak dapat mengalahkan.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Komputer dengan judul Pengertian RAM Komputer. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://pemberianalam.blogspot.com/2012/04/pengertian-ram-komputer.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: werwawa - Sunday, April 15, 2012

Belum ada komentar untuk "Pengertian RAM Komputer"

Post a Comment